Minggu, 22 Desember 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » Bongkar pasang rem tromol

Bongkar pasang rem tromol

Bongkar pasang rem tromol - pada ulasan ini akan membahas mengenai cara membongkar dan memasang rem tromol pada kendaraan roda empat(mobil). pada pemasangan dan pembongkaran rem tromol ini memilki aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam dunia teknik mesin otomotif. jika kita membongkar asal bongkar saja tidak memilki pedoman tertentu ini akan mengakibatkan salah kaprah pada saat melakukan pemasangannya. untuk itu berhati-hatilah pada saat melakukan pembongkaran, berkaitan dengan Bongkar pasang rem tromol dibawah ini telah disajikan prosedur kerjanya.

A. Alat dan Bahan
a. Mobil dengan rem tromol
b. Kunci roda
c. Dongkrak
d. Kunci pas 10-11
e. Kunci pas 12-13
f. Tang
h. Obeng
j. Jangka sorong
k. Majun
l. Kompressor dan minyak rem

B. Proses Kerja
Keselamatam kerja :
Menggunakan pakaian kerja
Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya
Membongkar, merakit dan memasang sesuai prosedur
Meletakkan komponen-komponen yang sudah terbongkar pada tempat yang telah disediakan
Apabila ada kesulitan tanyakan pada instruktur
Mematuhi peraturan bengkel
Menjaga kebersihan bengkel

C. Pembongkaran Rem Tromol
1) Angkat kendaraan dengan dongkrak
2) Kendorkan baut pengikat roda
3) Lepaskan roda
4) Lepaskan tutup tromol
5) Lepaskan sepatu rem
6) Lepas pegas pengembali
7) Lepas kabel rem tangan
8) Lepas tuas rem tangan
9) Lepas silinder roda
10) Lepas baut mounting silinder roda
11) Lepaskan cirdip kabel rem tangan dan rem tangan dari back plate
12) Lepas mur retainder roda
13) Gunakan STT untuk mengeluarkan shaft dengan back plat
14) Lepas back plate

D. Pemeriksaan Rem Tromol
1) Memeriksa tromol dari keausan, retak dan berkarat serta ukur diameter dalam tromol
2) Memeriksa ketebalan kanvas, bila ketebalan kanvas dibawah standart/limit maka kanvas harus diganti. Bila yang aus salah satu shoe maka penggantiannya harus 1 set
3) Memeriksa silinder roda dari keausan, kerusakan, retak dan berkarat
4) Periksa strut rem dari kerusakan
5) Periksa pegas-pegas dari karat aus dan lain-lain
6) Periksa tuas sepatu rem tangan dari kerusakan

E. Perbaikan Rem Tromol
1) Mengganti kanvas rem yang sudah aus
Bila kanva sudah tidak memenuhi standart/limit, makakanvas harus dig anti dengan yang baru.
2) Mengganti piston cup
Piston cup yang sudah sobek harus diganti, karena apabila piston cup tidak diganti maka pada saat di lakukan pengereman akan terjadi kebocoran di dalam silinder sehingga pengereman tidak akan terjadi.
3) Membleeding minyak rem
Minyak rem yang kurang/kecil tekananya menyebabkan pengereman kurang baik karena terdapat gelembung udara di dalam reservoir/selang, sehingga minyak rem harus di bleeding.

F. Pemasangan Rem Tromol
1) Memasang back plate rem ke axle belakang
a) Lumasi sealent joint seam pad axle housing dan back plat
b) Pasang axle shaft ke axle housing belakang
c) Kencangkan mur back plat rem
d) Pasang silinder roda dan kencangkan baut silinder roda mur pipa rem
e) Pasang kabel rem tangan ke back plate

2) Memasang silinder roda
a) Berikan water fight sealent ke silinder roda lepaskan plug cup dari pipa rem dan pasangkan pipanya
b) Pasangkan silinder roda ke back plate dan kencangkan bautnya
c) Sambungkan pipa rem ke silinder roda dan kencangkan murnya
d) Pasang plug cup ketempatnya

3) Memasang shoe
a) Rakitlah part yang telah silepas sebelumnya
b) Pasangkan penahan spring dengan menekan dan memutarkan pin penahan

4) Memasang tromol rem
a) Untuk mendapatkan celah maximum antara shoe dengan tromol masukan obeng antara rod dan ratchet kemudian tekan ke bawah
b) Pasang tromol sesudah memastikan bahwa tidak ada kotoran dan oli didalamnya
c) Selesai melakukan pemasangan tekan pedal rem dengan beban 30 kg beberapa kali untuk memperoleh celah antara tromol dengan shoe

5) Pasangkan roda dan kencangkan mur-murnya
6) Periksa untuk memastikan apakah tromol dapat berputar dengan bebas (tidak tertahan oleh shoe) turunkan dongkrak dan lakukan pengetesan



Sekian ulasan tentang Bongkar pasang rem tromol semoga bermanfaat, dan menambah ilmu pengetahuan dalam bidang tekhnik mesin otomotif, sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya yang akan ditayangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar